PUING-PUING ADINDAYA

Mon, 060288

Ya Alloh…! Kenapa? Kenapa sampai detik ini hamba masih belum bisa melupakannya?? Apakah aku terlalu menduakanMu ataukah ini lintasan sesaat alias perasaan kosong di pikiranku??

Hamba akui, hamba memang sudah terlalu lama menyandang dosa ini, sehingga seringkali hamba mengalami kesulitan untuk menghilangkannya. Kadang, hamba merasa senang, sebab hanya dia yang bisa membuat hati hamba deg-deg-an. Jujur, sulit bagi hamba untuk berpaling darinya. Walaupun orang lain lebih darinya.Bagi hamba, cukup dia saja dan hamba ingin dia pula yang terakhir hingga hamba memenuhi Panggilan-Mu.

Entah mengapa perasaan itu untuk dia?! Di saat teman-teman hamba memuji cowok ganteng di sekolah, entah kenapa aku hanya bilang “Biasa aja tuh..”, “Lumayan”,dsb…Tapi, mau gimana lagi kalo memang itu adalah jawaban hamba yang paling jujur??Yaa…bisa dibilang aku ini tipe cewek yang setia(deu’ ile…sampe segitunya).Atau mungkin hamba terlalu teguh pada pilihanku yang jelas-jelas itu masih menjadi Rahasia-Mu. Aku takut, jika aku masih terlalu yakin dengan pilihanku yang menurutku akan terkabul itu, suatu saat akan kecewa bila suatu hari aku mengetahui bahwa dia bukanlah jodohku. Yaa…bagaikan ilalang yang menginginkan di sekitarnya ada bunga ato bagaikan kurcaci yang menggapai bulan.

Ya Rob…berilah hamba petunjukMu, agar hamba tak resah dan hamba ingin sekali dia menjadi pembimbing hamba menuju jalanMu hingga menggapai surgaMu. Hamba ingin menjadi wanita idamannya kelak.Ya Alloh…izinkanlah keinginanku ini….

Namun, jikalau memang dia tidak baik bagi hamba, ortu, agama, dan keluarga hamba kelak, maka tabahkanlah hati ini menerima segala KeputusanMu!

Sempat kakak sepupuku bilang, “Janganlah engkau terpancang atau menetap pada satu pilihan saja, takutnya dirimu akan kecewa di kemudian hari, sebab masih banyak pilihan yang lainnya yang bahkan lebih baik dari pilihanmu itu!” dan Mr.Doyle pun pernah mendoakanku,”Amin. Bahkan semoga mendapatkan yang lebih baik darinya!”

Ya…memang cinta itu fitrah, dan cinta yang semata-mata karena Alloh adalah sesuatu kebahagiaan di saat kita melihat dia bahagia dengan hati yang tulus dan ikhlas.

Memiliki banyak orang yang senantiasa di dekat kita, adalah anugerah terindah bagiku. Dengan karakter yang berbeda-beda, membuatku lebih dewasa dalam banyak hal. Memahami, mengalah, mengendalikan emosi, simpatik, bahkan empati terhadap setiap orang yang kutemui. Aku dapat belajar dari sifat mereka yang berbeda-beda. Satu hal lagi, ini adalah pekerjaan yang unik yakni dapat melihat serta memahami watak n ciri setiap orang.

140288

Hari yang melelahkan!!! Ulangan matematika yang rencananya tanggal 160288 dimajukan hari ini. Padahal aku nggak sempat belajar, cuman menata buku and baca novel. Manalagi ulangan yang kloter pertama, aduuuuhhh…..kacau deh!!!Mungkin inilah akibatnya karena aku terlalu menyepelekan pelajaran yang bagi masa depanku itu nggak penting banget alias nggak ada hubungannya dengan bidangku. Huuh…sudah susah payah aku memilih Ilmu Sosial, lha kok masih aja ketemu dengan yang namanya Matematika. Atau..karena aku terlalu sibuk akhir-akhir ini ya…yang lagi banyak-banyaknya LPJ OSIS, sehingga aku menjadi Master of Dispensasi? Oh…TIDAK!! Ayo donk Aya…ini kan udah semester dua, masak masih suka keluar kelas?? Ntar kalo nilai kamu jatuh gimana?? Meskipun nilai kamu pas-pas-an, setidaknya kamu bisa mempertahankannya. Jangan sampe kejadian di semester lalu terulang kembali. Au’ Ah GELAP!! Pet!! Tuh kan, gelap beneran…??

Oh ya, hari ini ultahnya babe lho! Aku belum mengucapkan happy birth day ke beliau nih…abisnya malu sich!!Ehm…kira-kira ntar malem babe ngajak istri n anak-anaknya ke mana ya..??Paling nggak makan atau sekedar jalan-jalan yang penting keluar rumah!

Badanku masih pegal-pegal nih! Sisanya dari hiking hari Minggu kemarin. Bayangkan … aku sudah mendaki The Top of Klothok Mountain dari jam 7 pagi sampe jam 2 siang. Bukannya vitamin D yang kudapat, melainkan Vit.G alias vit.GOSONG, huuuh… sebbell!! Liat aja, mukaku tambah item, awalnya sih ga parah amat, tapi abis hiking, BERUBAH!!Kalo item manis sih gak apa-apa, lha wong ini imong(item gosong)! Tapii…kalo’ diajak lagi, maauuu….!

Ntar pulang sekolah aku musti ke kantor FPDP2. Wow!!Gosong lagi nih ??!

Now, Im in MGMP room to hear The OSIS’S Work Programe. Tapi…sampe jam segini, rapat masih belum dibuka oleh Ketua MPKnya! Hu-uh!!

Eh..eh…ssstt..! Rapat sudah dimulai oleh Pak Wa(Bapak Ketua) yakni bang Toyib. Dia adalah siswa kelas dua Ilmu Alam. Selain menjabat KMPK, dia juga aktif di Rohis. Badannya tinggi, wajah lonjong, putih, hidung mancung, tapi agak bertele-tele kalo ngomong. Sebenarnya sih dia itu anak pintar, bijaksana , berwibawa, tapi…semuanya jadi hilang kalo’ kita ngeliat gaya bicaranya. Abis..kayak cewek sih, hehehe….sory ya pak Wa..??

Lho-lho-lho….! Siapa neh kok tiba-tiba datang ke ruangan MGMP ‘grudak-gruduk’ kaya kelinci…? Ooohh…. Mau presentasi LPJ toh? Kok kebanyakn dari kelas Ilmu Sosial ya..? Tuh liat, ada Mambak, Memey, Bla, and Ari Slump(masing-masing dari Unit SMADAPALA, SKAL, TAE KWON DO, and BOLA VOLI.). Lihat tuh gayanya si Mambak, udah nongol di depan meja presentasi, hiiii….culun abis n bikin orang pengen muntah, eh ketawa ding..!

Tet-tret-tet-tet…!! Forum Tanya jawab di buka! Ihh…semuanya udah pade make Rexona belum sih?? Baauuu’…!!

Udah jam 13.45 nih, berarti rapatnya udah kelar, Bye…

150288

Bagiku kau bintang…selayang puisi…tetaplah di sini Peri Kecilku…Temani aku selamanya…! Aduh adikku…kenapa kau menangis? Kenapa kau sakit? Aku nggak tega ngeliat dia sakit, coz dialah adekku satu-satunya…

***

Hu-uh!!Sebbel!! Kenapa sih BEGOnya tuh anak nggak ilang-ilang?? Masa’ minta diajarin terus? Dikit-dikit nggak bisa, dikit-dikit malas, dikit-dikit capek, Aduuuuhh….usaha sedikit napa??? Emang dasar MANJA!! Ya…Fai tuh emang manja, apalagi temennya yang seneng dandan mulu itu., seperti nggak ada waktu n tempat lain aja buat dandan!! Kerjaannya bikin orang BeTe bin Jenuh yakni Dandaaaaaannn…..melulu, Make-Up terus!! Emang dasar CRAZY!!!

Kalo pas Bego-nya kambuh nih, dia suka Tanya hal-hal yang nggak penting, MALU-MALUIN nggak sih??? Kaya anak yang kurang kerjaan aja, udah Lemot-Gaptek-Telmi-de es be…! Apalagi Iin ! Dia murid yang nggak pernah merhati-in guru kalo pas lagi dijelasin. Astaghfirullah….!

***

Ingin rasanya aku menangis, berteriak, n lari sekencang-kencangnya…!!! Tapi, kenapa Memey tiba-tiba datang?? Saat itu banyak nasihat yang keluar dari mulutnya. Dan…itu semua bukan lantaran kita memiliki hubungan spesial. Bagiku lebih baik aku tidak memiliki teman daripada teman seperti mereka berdua(Fai n Iin) bawaanya selalu makan ati melulu, hatiku selalu tersakiti oleh keduanya, tingkah laku mereka, kata-kata manis mereka, dsb. Kenapa mereka selalu begitu ya???

160288

Aaahh…Alhamdulillah … nilai Seni Musik kami adalah yang tertinggi! Ternyata nggak sia-sia usaha kami berlima dalam menciptakan lagu, lebih-lebih aku sebagai pencipta lirik sekaligus nadanya, wuuiihh…seneng banget n bangga rasanya, coz ternyata aku masih punya bakat terpendam!!Sekarang aku ngerti, gimana perasaan para composer yang lagunya banyak dibajak, pasti sedih banget deh….!keren banget tuh si Pho yang udah berhasil nga-ransemen nada n kunci gitarnya!!Salut aku ma dia..!

Abis ini pelajaran Matematika, kesukaanku. Tapi…tugas gua masih belum selesai…..??!!

Kasihan Pak Heri, nggak ada yang merhati-in! Maklumlah udah jam terakhir. Udah puannnaasss banget,nih! Di mana-mana ada kipas, kipas sana-kipas sini(emang sate bang??) HATSHI…!! Iiih…nggak tahan bau keringat…! Che-che yang duduknya di depanku udah keringetan dari tadi n nggak karuan! Tau tuh anak, mulai kemarin sikapnya uring-uringan terus. Mungkin lagi banyak masalah kali’ ato sedang patah hati???

Teeeettt-teeett-teeettt….! Yes!! Pulang…pulang….! Uuuuhhh… akhirnya kelar juga pelajaran selama 7 jam tadi. Aku pulang bersama temen-temen yang kos di Al-Aisyah. Kasihan salah satu temenku, kemarin ngilangin kameranya Ninu…untung aja gak disuruh ganti 2 kali lipat! Sampai di persimpangan jalan kami berlima berpisah, Daaahhh….see u tomorrow!!

Sesampainya di rumah, aku langsung ganti baju-makan-sholat-and liat acara pertandingan tim bola voli putra kelasku di lapangan sekolah. Lagian, hari ini ada tambahan pelajaran di skul.

Sudah jam 1 siang lebih, tapi Bimjarnya blom dimulai, “ Haii…Aya! Mana yayangmu? Kok belom nongol juga sih??”,kata Noura, Nila, Puspit, n Rera serempak. “Yayang…yayang…apa-an?Emangnya dia siapa gua?? Enak aja kalo ngomong!! Mentang-mentang gua sering ditunjuk untuk jawab pertanyaannya aja udah dibilang ada apa-apa ma Pak Iam, semuanya nuduh gua yang nggak-nggak deh! Masak gua kencan ma om-om sih?? Nggak level layaw…! Selain udah ubanan, dia tuh udah punya istri, bisa-bisa gua disikat n ditonjok ama istrinya…”

Di luar sana tampaknya hujan mulai turun deras, hingga baunya tercium sampe ke kelasku. Tiba-tiba…WUUUUSSSHHH…hujan badai campur angin! Saking kencangnya angin yang bertiup, sampe-sampe masuk lewat jendela dan membasahi buku-buku pelajaranku and sebagian temenku yang lain juga ada yang terkena airnya.

Setelah itu, pak Iam yang terkenal alim itu menyuruh Basidl untuk mengumandangkan Adzan…Subhanalloh…aku jadi pengen nangis!! Allohu Akbar..Allohu Akbar…Laailahailallah…! Dengan khusuk dia melantunkan seruan demi seruan. Oleh karena hujan yang turun makin deras aja, terpaksa Bimjar diakhiri. Padahal masih kurang setengah jam lagi, tapi….asyiiiikk, pulaaang!!

170288

Nggak bosen-bosennya Iin n Fai ngobrol ngalor-ngidul mulai jam pertama sampe mo istirahat kedua, jam setengah 12. Swear deh!! Bikin gua terganggu aja, jadi nggak bisa konsen penuh ke pelajaran ekonomi. Oh ya…by the way Bu Arini tuh sangat antusias banget ma muridnya, meskipun banyak anak-anak cowok yang sering bolos pas jam pelajarannya. Abisnya Beliau tuh guru yang pualing sabar and pengertian banget ma muridnya walau senakal apapun.

Eh, ngomong-ngomong tentang bidadari nih, aku punya 4 bidadari yang terlahir ke dunia ini. Mereka adalah sosok bidadari yang telah turun ke bumi. Bedanya, di sini cuman 4 bidadari. Dahulu terasa indah…tak ingin lupakan….masa kecil kan salalu menjadi Unforgetable Moment in our life, Right?? Selalu ada canda-tawa-marah-tangis-sekaligus bahagia berbalut menjadi satu dalam sebuah ikatan yang tak akan pernah lepas. Bidadari imoet, innocent, and pemalu jadi satu.

Yaa…itulah mereka, teman sekaligus my closefriend, Inyul, Upik, Kunthi, dan Eki. Entah bagaimana ihwal persahabatan kami hingga masih terus berlanjut sampai detik ini. Padahal, saat kami berlima berusia 5-6 tahun, banyak hal yang selalu membuat salah satu di antara kami menangis. Namun, yang sering menangis adalah aku, sebab aku adalah gadis yang cengeng. Meski begitu aku tetap yang paling pemberani di antara mereka. Memang, dulu aku ingin menjadi seperti anak laki-laki, yang selalu ingin bisa memanjat, berkelahi, sepak bola,dsb. Mulai dari Eki yang selalu menundukkan kepala jikalau Ibu guru menyuruhnya bernyanyi, dan lucunya…dia selalu menyanyikan satu judul lagu, seperti tak ada yang lainnya saja. Aku masih ingat betul judul lagu tersebut, yakni Burung Hantu. Dengan gayanya yang khas, yaitu nyanyi sambil mengheningkan cipta, melantunlah lagu kesukaannya itu tiap hari. Malahan dengan keunikan yang dimilikinya and rasa pemalunya itu, bu guru jadi sering menyuruhnya nyanyi di depan kelas. Tapi…lain halnya dengan 2 gadis tomboy yang satu ini, Upik dan Kunthi. Rasanya hidup akan mendadak sunyi senyap tanpa kehadiran mereka. Apalagi selain mereka tomboy, juga berwajah lucu. Melihat wajahnya yang imoet n nggemesin saja, pasti orang-orang ketawa, apalagi ngobrol panjang lebar ama mereka, bisa-bisa…?

Huuuhh…Dassaarrr mereka! Selalu aja bikin perutku mules. Oh ya, masih ada satu lagi yang nggak kalah serunya. Dia adalah anak yang paling pandai di antara kami berlima. Nama aslinya adalah Ita, tapi akrab disapa Inyul, coz anaknya kecil,mungil,n pipinya itu ngguemesin banget. Wuuiihh…gila! Kecil-kecil caberawit boo’…selalu ranking 3 besar sejak SD sampe SMA, kebetulan SD kami sama, n SMP kami pun juga sama, kecuali aku. Sebentar lagi kita berlima udah dewasa alias gak puber lagi, akankah persahabatan yang terbina hampir 14 tahun ini terputus?? Jangaaann…aku nggak menginginkannya…

160388

Hari yang penuh tangis, air mata, kejengkelan, dsb. Namun, masih ada tawa dan canda di sela-sela kesedihan. Tak bisa kubayangkan, bagaimana seandainya aku hidup tanpa teman-teman yang selalu bikin lelucon yang menggelitik perutku. Tapiii….

Kenapa saya selalu merasakan hawa yang tak bersahabat kerika berada di sebelah ibu? Padahal ingin rasanya aku memeluk erat beliau seperti aku memeluk ayahandaku. Aku sadar bahwa untuk menjadi seorang anak adalah tidak mudah bagiku. Karena harus selalu menuruti semua keinginan orang tua, terutama ibu. Sulit bagiku untuk menerima segala doktrin dari beliau. Pernah suatu saat, kala badanku benar-benar capek, lelah, letih karena banyaknya kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah. Namun, aku tidak pernah memperlihatkan wajah capekku di depan orang tuaku, sehingga seringkali mereka tidak tahu, kapan aku sakit dan kapan aku sehat. Walau toh akhirnya mereka tahu, itupun sudah terlambat. Memang, aku ini tipe orang yang memendam segala sesuatunya sendiri, namun itu bukan berarti aku tak memiliki teman curhat. Seringkali aku disuruh melakukan pekerjaan rumah, walau dalam kondisi lemah sekalipun, itu lantaran mereka tidak pernah mengetahui keadaanku yang sebenarnya. Sebenarnya bukan perintah itu yang membuatku sedih, tapi…cara mereka menyuruhku-lah yang tidak aku sukai. Aku akan melakukan segala sesuatunya dengan baik, bila tanpa gertakan, amukan, cacian, dsb. Hampir tiap pagi aku terpaksa menangis dalam perjalanan ke sekolah. Selalu ada saja hal-hal yang sepele, namun dibesar-besarkan oleh ibu. Yaa…itulah yang nggak aku suka dari sifat beliau. Terkadang aku lelah untuk memahami sifat beliau. Sifatnya bagai air di atas daun talas alias berubah-ubah. Dan sering kuberpikir, apakah aku anak kandungnya?? Astaghfirullah…Ya 4JJ…maafkan kelancangan hambaMu ini karena sudah bersu’udzan terhadap beliau!! Namun, bila hamba di dunia ini hanya membawa kesedihan bagi ibu, dan lagi hamba sudah merasa tak berguna di dunia ini, hamba siap memenuhi PanggilanMu, Ya Alloh…!! Rasanya hari ini aku tak ingin pulang ke rumah, sebab tak sanggup lagi aku menahan bebanku ini, namun….Aku masih menginginkan hikmah dari semua kejadian ini, semoga hal ini bisa menjadikanku lebih dewasa dan lebih mengetahui arti kehidupan ini…Amin ya robbal alamin.

26 Maret 1988

Ya Rob…! Aku masih belum bisa melupakan kejadian tadi malam. Rasanya…baru tiga hari kemarin aku mengelilingi kota bersamanya, dan…aku masih merasakan kehadirannya di sisiku. Cantik, pintar, sholeha, friendly, kurang apa lagi??

Aku masih menganggapnya dia hidup,ya…hidup di dalam hati ini…Siapa sih Aya??

Mbak Kus-kus!! Begitulah aku memanggilnya! Betapa cepatnya takdir memisahkan kami, dia telah meninggalkan semua orang yang ada di sekitarnya yang selalu menyayanginya. Walaupun sekuntum bunga, namun sudah banyak orang yang menyukainya. Sifatnya yang kekanak-kanakan tak membuatnya terhalang untuk disukai sebagian makhluk-Nya. Ya Rob…berilah dia tempat yang nyaman di sisi-Mu! Amin…

18 Agustus 1988

Wu uuiihhh….cantiknya Guruku!! Semua murid berdecak kagum melihat penampilan sang Guru. Dengan jilbabnya yang rapi, hidung mancung, alis tebal, and ramah, tapi….kayaknya agak cerewet deh! Yup!! Itulah guru baru di sekolah kami, pindahan dari SMA swasta di kota kami. Beliau akan mengajar kami bahasa Jepang.

“Haik!! Ohayoo Gozaimasu. Hajimemashite, watashi wa Ulia desu. Dozoo yoroshiku!” sambut beliau pertama kali dengan diikuti gelengan kepala teman-tamanku yang kagak ngerti artinya. Oooo….ternyata ini lho artinya: Well! Good morning. May I introduce my self, my name is Ulia. Nice to meet you…! Wuuuaahh…multi talented banget…ya udah deh bu, nice to meet you too…hehehe…

020988

Hhhh….! Inilah yang bisa aku lakukan untuk mengekspresikannya!! Meski menghela nafas panjang berkali-kali, namun tetap saja dadaku terasa sesak. Au’ ah…! Yang jelas saat ini aku sudah sadar, mataku sudah terbuka lebar, and aku ikhlas menerima ini semua. Kata teman-temanku, aku nggak boleh putus asa, toh asa akan selalu ada walaupun harus tanpa dia. Malahan guruku menyarankanku untuk menjauhinya n melupakannya saja. Honestly, I never hate him, but…his attitude. Dia udah melanggar komitmen Islam yang melarang kita untuk pacaran sebelum adanya pernikahan. Padahal dia terkenal sosok yang alim, sopan, aktif di Rohis, polos, jujur, and ramah, tapi…kenapa bisa-bisanya dia melanggar komitmennya sendiri terhadap Islam????? Sudah ah,…aku malas untuk membahasnya lagi, toh hal ini tidak akan bisa menyelesaikan permasalahanku. YANG JELAS…YANG NAMANYA BROKEN HEART ITU SANGAT AMAT MENYAKITKAN SEKALI…..!!! AND THIS IS MY FIRST TIME TO GO IN BROKEN HEART….

130988

Aduuhh…aku malu banget ma kak Dita! Habisnya aku telat ngucapin MET ULTAH ke dia. Ya maap…lha wong saya aja nggak tahu kalo’ ultahnya yang tepat tuh tanggal 12 September. Kena deh gua dikibulin ma kak Dita di buku memori alumni….!!

Au’ ah..yang penting kan aku udah nyampein ke dia n yang membuatku lega adalah sudah minta maaf ke dia atas segala kekhilafanku taon lalu, alhasil…ternyata dia gak pernah marah ma aku waktu itu. Yaa…aku kena kibul lagi deh!!

Tapi aku belum sempat kasih kado buat dia. Enaknya apa yaa?? Oh ya…mendingan aku kasihkan aja koleksiku, toh kata orang, Nabi Muhammad dulu juga sering ngasih sesuatu yang sangat beliau cintai(paling berharga) ke orang lain dengan tulus n ikhlas. Yo wis lah..aku berikan aja koleksiku ini ke dia, kali aja ada manfaatnya, hihihi….bisa dibilang karya perdanaku yang rencananya pengen aku kirimkam ke redaksi FLP(Forum Lingkar Pena), tapi aku nggak tau alamatnya…Yang penting kan isinya…tul nggak???jadi jangan dilihat dari harganya ya Kak…??

170988

Aaahh…sebentar lagi puasa and….lebaran!! Duuhh…senengnya bisa ketemu lagi dengan bulan suci itu, bulan Ramadhan yang penuh segala-galanya( Hikmah, Rahmat, Ampunan, serta Karunia-Nya). Wuuiihh….rugi deh bagi kamoe-kamoe yang ngelewatinnya apalagi sampe meninggalkannya!!

Tapi…apakah aku sudah siap menjalankan ibadah ini ya??Siap lahir and batin, siap luar n dalam, n siap hati n fikiran..?? Kayaknya masih belom, coz…Im still ill-feel ma dia, padahal belum tentu dia merasakan hal yang sama seperti apa yang telah aku rasakan. Tapi sudahlah jangan diungkit-ungkit lagi!

Oh ya pren…sebelum aku beranjak dari tempatku mengetik, aku pengen kasih kamoe-kamoe sebuah puisi….nih dia puisinya..:

Love??

What is love??

I mean love to somebody else that different with us

Like boy to girl

Could you see love??

Why??

Can it make us happy??

We can smile-cry-hurt-and…bla-bla-bla…

Just is caused by Love!!!

When we are ready to close with love….

We must ready to go to broken heart also…

But….

Remember….Just Alloh SWT-Rosululloh SAW-Islam faith-and our family

That can make us happy forever without hurt.

Yeeah….’they’ are The True Love in Our Life, Right??

And….

Just there is one of medicine that can make me better than last

It is 5 TOMBO ATI…

Have you ever seen it??

Yang jelas kagak dijual di apotek terdekat Anda….!!!

Bye…Ja, mata ashita and Sayonara…!!! Wassalamu’alikum….wr.wb.

****

240988

Alhamdulillahirobbil’alamin….Aku bisa bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan. Entah kenapa…tahun ini aku merasa menjadi sosok yang yang lebih dewasa, yang lebih bisa menghargai arti kehidupan terutama dengan dikelilingi keluarga tercintaku. Segala puji hanya untuk Alloh semata…aku masih bisa menjalankan ibadah puasa ini bersama keluarga dengan tak kurang sataupun, Ya Alloh…..terima kasih Engkau telah memberi kesempatan berharga ini untuk ayah, ibu, kakak, adek, dan hamba sendiri. Hamba menginginkan hal ini selamanya, Ya Rob….hiasilah hati kami dengan iman, agar sejernih air, seputih awan, dan seindah bulan yang menghiasi langit-Mu….

Entah….kami tak bisa membayangkan apabila hati sudah keruh, mendung, dan kosong karena sepinya iman yang kami miliki….

***

Hari ini kami mengawali sahur jam 3 kurang sepuluh menit. Ibuku telah membuat daging yang dimasak bumbu dendeng basah. Dengan nasi yang mengepul hangat, kami bertiga, ayah, ibu, dan aku menyantapnya bersama. Gimana ya kabarnya kakakku di sana??Apakah dia sudah bangun untuk makan sahur?? Mudah-mudahan sudah bangun….soalnya tuh anak kalo tidur mirip kebo yang kekenyangan, hihihi…..maap ya kak?! Tapi, emang bener kok, inilah faktanya, jadi kakak musti mengakuinya….karena udah keturunan. Aku aja ngaku kalo aku emang suka tidur kaya kebo, tapi bedanya aku nggak pernah kekenyangan, jadi masih bisa bangun kalo dibangunin. Lagian ortu kita juga, so….kita semua emang ditakdirkan untuk jadi satu keluarga kebo, tapi yang penting hati n pikiran kita tidak kebo, ya toh…???

Selesai makan pulang….eh minum ding…(garing banget…). Jam setengah 4 semuanya udah kelar, sementara babe masih ngabisin ‘permen’nya yang udah dihisab lima menit yang lalu,. Kami bertiga ada di ruang keluarga, nonton salah satu acara di TV yang sedang bagi-bagi rejeki buat lebaran nanti, emang ya….bulan Ramadhan penuh dengan berkah n rejeki.

Jam 4 aku sudah mengambil air wudhu untuk tadzarus Al-Qur’an sambil menunggu waktu subuh tiba. Ayat demi ayat aku lantunkan, walaupun tak selancar teman-temanku, hehehe…yang penting niat kita kan bukan hanya untuk mengkhatamkannya, tapi sekedar ingin mendapat Ridho-Nya, setuju….?? Jadi seperti kata pepatah Jawa,” Alon-alon…waton kelakon” yang artinya…pelan-pelan yang penting tercapai…

Jam 4 lebih duapuluh menit terdengar kumandang adzan subuh. Aku pun mengakhiri ngajiku yang masih dapat 4 lembar untuk segera sholat subuh. Habis sholat aku kembali ke kamarku, coz semuanya udah kembali ke kamarnya masing-masing. Pengennya sih tidur lagi, tapi aku masih punya tanggungan, cucian piring yang sudah menantiku untuk memandikan mereka, tapi ntar aja deh….masih pengen nulis-nulis dulu, hehehe….emang enak ya nunda-nunda pekerjaan itu…apalagi puasa-puasa begini….?

290988

Tonight, I can’t sleep…because there are too many things in my mind. Im so confuse…what must I do to spend this beautiful night?? I have watched TV, listened music, honestly I want to read, but there is no anything that can I read, newspaper…?? I bore, coz I have read it. Huuu-uuuuh… semuanya udah tidur…Tapi ayah masih di ruang tamu, belum tidur juga, coz beliau musti tanda tangan banyak file yang tadi sore dikirim ke rumah oleh teman kerjanya.

Huuu…payah si Mr.Doyle…hari gini udah ngantuk…kalah ma aku. Tapi dia kagak ngaku langsung, cuman bunyi sms-nya: “U have to sleep soon to wake me up for sahur n tahajud. A pretty girl shouldn’t sleep lately”. Begitu dah bunyi sms-nya….hihihi…aku aja bingung, n aku bales aja: “ Who is sleepy now? U or me??” hehehe…sorry ya Mr….

Hhhhh…..sekarang aku duduk sendirian di depan komputerku, aku biarkan tangan-tanganku mengetik kelanjutan puing-puing-koe dan aku biarkan telingaku mendengarkan alunan musik yang keluar dari sound-system. Kebetulan aku suka banget dengan lagu-lagu mellow, baik dalam negeri maupun lagu-lagu manca. Pokoknya enak didengar and sejuk di telinga n gak bikin bosen. Malah, aku lebih suka lagu-lagu lama ketimbang lagu-lagu sekarang yang kebanyakan udah beraliran rock( R ‘n B) bikin pecah gendang telinga aja. Aku paling suka dengan lagunya Ada Band and Westlife, tapi aku juga suka dengan semuuuuaaaaa…..lagu yang slow, mellow, and alirannya pop, tuh kaya lagu ciptaannya mbak Melly Goeslaw. Au’ ah….aku bingung….abisnya aku hobi dengerin musik, jadi semua music asalkan bisa bikin hati gua senang n I can enjoy it, Why not?? Uuaaahhhh…..kok mulai terasa ngantuk ya…??? Tidur yuuuukk….?? Deee…..

300988

Tinggi, pintar, mandiri, n pandai bergaul itulah sosok teman baruku. Dia anak pindahan dari Bojonegoro. Dia tinggal bersama pamannya and kuliah sekaligus kerja di kotaku. Katanya sih dia pindah ke sini lantaran pengen nyari suasana baru. Setiap aku melihatnya, aku teringat pada sosok yang pernah menyakiti hatiku, dan sepertinya hingga saat ini pun aku masih sulit untuk melupakannya. Tapi…inilah hidup, penuh dengan perubahan, sehingga mengharuskan kita untuk selalu siap menghadapi kenyataan walau sepahit apapun. Oh ya, namanya Qiqi. Dia nggak pernah merasakan bangku TK, tapi langsung ke bangku SD. Setelah 3 tahun sekolah, karena dia anak yang cerdas, maka ia pun mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program akselerasi, sehingga dia lebih unggul 2 tahun daripada teman sebayanya, dia sudah kelas 5, sedangkan teman sebayanya masih kelas 3. Lulus SMA, dia langsung memperoleh pekerjaan menjadi guru SD, SMP, dan SMA sekaligus. Dia mengajar Olahraga di tingkat SD, di SMP dia mengajar PAI, dan di SMA dia mengajar Kewarganegaraan, sekarangpun dia juga kuliah sambil kerja, pokoknya perfect banget deh!! Nggak rugi aku jadi temannya, kali’ aja aku bisa ketularan pinternya, hehehe….

Jadi teringat dengan temenku sekelas waktu masih di SMA. Dia juga anak baru, pindahan dari Belanda, namanya Revalinda, tapi akrab dipanggil Valin. Anaknya cantik, pinter, dan yang paling mengangumkan ternyata dia muslim. Saat itu cuman bangku di sebelahku yang kosong, so…duduklah dia di sampingku. “Hi, my name is Dinda! Nice too meet you! Can you speak Indonesian?”, sapaku mencoba membuka pembicaraan meskipun bahasa inggrisku ga karuan. “Hi, Dinda, nice to meet you too! Oh, I’m sorry, I can’t speak Indonesian, but I can speak Javaneese! So, don’t you mind learn me to understand about Indonesian language?”, jawabnya. “Okey…don’t worry, I’ll make you to understand our language!”, jawabku dengan semangat. Itulah awal perkenalanku dengan sahabat baruku. Ternyata dia anaknya asyik diajak ngobrol, dia menyukai berbagai jenis obrolan, tak jarang dia membuat teman sekelas tertawa karena bahasa Indonesianya yang tidak begitu lancar. Sudah hampir satu tahun aku tidak bertemu dengannya setelah acara kelulusan sekolah. Tapi, aku masih sering main sms dengannya. Sekarang dia kuliah di salah satu PTN favorit di Indonesia, di jurusan Psikologi. Wah, aku jadi ikutan senang melihat dia berhasil diterima di jurusan yang dia impikan selama ini. Begitu juga denganku, aku sangat bersyukur kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala yang sudah mengabulkan permintaanku untuk bisa diterima di jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Tak sia-sia usaha ku selama ini.

Oh ya satu lagi, ada satu orang sahabatku lagi yang pengen aku kenalin ke kalian. Namanya Mr.Doyle. Orangnya bijaksana abis, pinter, berwibawa, and yang paling penting banget tuh dia sholeh boo’…! Penasaran gak sech?? Yo wis, aku kasih tahu ciri-cirinya ja ya? Orangnya make kaca mata, tubuhnya mungil, wajahnya imut, agak gendut (hehehe…plizz accept my apology,Mr.!). Sekarang dia kuliah di Universitas Brawijaya ambil jurusan Ekonomi Manajemen. Pokoknya dia adalah My Suhu, do you know what is it?? It’s as same as big teacher in Japan, but not ‘suhu’ derajad celcius, atau suhu badan, de-el-el. I am really-really proud of him!! He can be a best friend, brother, teacher, and still others. Pokoknya dia bisa menempatkan diri dengan baik di mana pun dan dengan siapapun dia berhadapan. Siapa dulu dong “seito (murid)” nya?? Gua gitu lho…!!hehehe….

011088

Ya Ampun!!! Subhanalloh…!!! Coba tebak siapa yang baru aku lihat??!! Sosok yang tidak asing bagiku, yang dulu pernah singgah dan mengisi kisah hidupku. Banyak kisah lucu yang aku alami bersama sosok ini. Mulai dari kegiatan menunggu yang aku dan sahabatku, Alma, lakukan hampir setiap hari. Juga di saat ulang tahunnya, kami berdua bingung membungkus kado dan memilih barang apa yang kiranya dia suka, yang akhirnya kami memutuskan coklat sebagai pilihannya. Ya Alloh… kami betul-betul tak menyangka akan bertemu kembali dengannya. Dia adalah Risma Aji Winata, mantan senior kami sewaktu di SMP. Entah kenapa saat itu dia adalah idola bagi kami, tak ada alasan yang pasti untuk menjelaskannya. Mungkin aku menganggap dia sebagai sosok yang memiliki keunikan tersendiri. Tubuh kecil, mata bulat, imut, rambut cepak dan hitam mungkin bisa menggambarkan sosoknya waktu itu. Tapi sekarang dia sudah berubah, maklum kan udah puber. Mulai dari tinggi badannya sudah melebihiku hingga kacamata barunya. Seingatku dulu dia tidak menggunakan kacamata, sebab matanya yang jernih tidak mungkin untuk memakai benda itu. Subhanallah….!!! I’m really-really shock when I met him last time, after Try Out at my Senior High School, I couldn’t say anything when I saw him. Tahu nggak?? Tadi kami berdua sempat berpandangan agak lama, seakan dia merasa seperti mengingat-ingat siapa aku sebenarnya. Namun, apakah dia masih ingat tentang kejadian-kejadian waktu itu yang sering membuatku malu karena ulah konyol kami berdua, aku dan Alma. Ya Rob…gimana ya kira-kira kabarnya selama bertahun-tahun ini, hampir 4 tahun kami berpisah.??!! Apakah dia masih mengingat kami jikalau nanti bertemu di suatu tempat?? Mungkinkah dia masih mengenali wajah kami yang sudah berubah karena jilbab yang kami kenakan?? Semoga saja dia masih ingat! Tanpa sadar ternyata dia dekat dengan kami, dekat dengan kakak kandungku yang sekarang telah menjadi seniornya di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara( STAN ). Ya Alloh…semoga awal kedekatannya membawakan suatu hubungan yang lebih dekat lagi, maksudnya bukan untuk pacaran, melainkan sebagai teman atau sahabat yang bersedia untuk diajak curhat. Amin. Oh God, I’m really surprise and glad today, because I never imagine that before!! And I wish it will be to forever, never end! Amin ya robbal alamin!!

191088

Kenapa ya…setiap orang pasti memiliki masalah yang berbeda? Seperti yang dialami Rosa saat ini. Kasihan dia, baru saja dikhianati oleh pacarnya. Awal kisah Rosa kali ini sama sekali tidak disengaja alias cuman kebetulan saja. Ihwal perkenalan Rosa dengan Doni, yang sekarang sudah menjadi milik orang lain meskipun bukan kehendak mereka berdua, dari suatu acara liburan Rosa bersama kakak sepupunya di Mataram. Kala itu, Rosa diajak menginap di tempat kakak sepupunya tersebut, mbak Ning. Di sana mbak Ning memiliki seorang adik laki-laki bernama Doni. Sejak pertama bertemu, kedunya, Rosa dan Doni, sudah saling jatuh cinta pada pandangan pertama alias kalo’ orang jawa mengatakan Fall in Love in The First Sight, hehehe…. Dan karena setiap hari mereka berada dalam satu atap, mau tak mau mereka sering bertemu, ngobrol, dan pergi berdua, sehingga kedekatan di antaranya mulai terjalin. Di mana ada Rosa, di situlah ada Doni, seperti ada gula ada semut. Sepertinya, hati Rosa yang dulunya pernah tertutup karena ulah lelaki hidung belang, mulai sedikit terbuka untuk mencoba menerima kembali kehadiran seorang cowok yang tak pernah disangka sebelumnya. Dulu, dia terlalu takut untuk jatuh cinta lagi kepada cowok, takut tersakiti untuk kedua kalinya. Namun, tampaknya hal itu sudah berangsur-angsur hilang dari dalam hati kecilnya. Mungkin, Doni adalah bukan tipe cowok ideal seperti yang diharapkan oleh para cewek, namun Rosa tidak melihat dari segi fisiknya, melainkan dari hati emas yang dimilki Doni, yang sanggup menghancurkan es dalam hati Rosa.

Sudah hampir satu bulan Rosa menjalani hubungan tanpa status yang pasti tersebut. Hingga menjelang kepulangannya ke Jawa, belum satu pun kata yang terucap dari Doni untuk menstatuskan hubungan mereka, yakni sebagai sepasang kekasih. Malam hari sebelum keberangkatan Rosa ke Jawa, digunakan Doni sebagai malam terakhir, Doni berencana akan menghabiskan malam itu hanya berdua dengan Rosa di suatu tempat sambil memandang bintang-bintang di langit hingga pagi menjelang. Akhirnya, Doni memutuskan untuk mengajak Rosa pergi ke pantai yang berjarak kurang lebih 3 km dari rumahnya. Di bawah langit yang berhiaskan bintang-bintang, mereka duduk bertelanjang kaki. Alas kaki mereka gunakan sebagai alas duduk di atas pasir. Sambil memandang ombak yang terus berkejaran di tengah laut yang semakin lama semakin menepi mengenai kaki mereka yang tanpa alas, membuat suasana menjadi lebih sunyi. Hanya deburan ombak yang menghantam karang yang menemani mereka. Lalu tiba-tiba…Doni ingin mengungkapkan segala isi hatinya selama ini kepada Rosa. Dia yakin, bahwa inilah saat yang tepat untuk mengatakan : ROSA, I LOVE U!! Namun, dia masih dibungkam oleh rasa malunya, sebab ini kali pertama dia jatuh cinta kepada cewek. Hingga jam menunjukkan pukul sebelas lewat empat puluh menit, berarti dua puluh menit lagi pagi akan terjelang. Hingga sepuluh menit kemudian….”Ros!”, panggil Doni. “Ya?!”, jawab Rosa sedikit bingung dengan nada suara Doni yang tampaknya bergetar dan ingin mengucapkan hal penting padanya. “Ehm…ehm…Ros…aku pengen kamu tahu bahwa sebenarnya…ehm..aku…a…a..ak..aku ingin mengambil jaket dulu di motor, jadi kamu tunggu di sini sebentar ya?”. “Oh iya, kirain mau ngomong apa-an kok seperti orang ketakutan gitu!”. Aduh!!Bego banget ya gua?? Kenapa nggak aku katakana saja langsung tadi ya??(sesal Doni dalam hati).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: